Langsung ke konten utama

TUA?


Gue nulis judul diatas bukan karena muka gue tua ya, tapi karena gue lagi kepikiran sesuatu nih, jadi gue tuangkan disini. Malem jumat kemaren gue pergi ke suatu tempat, bukan ke dukun bukan ke kuburan tapi ke Griya. Apakah Griya itu? Itu adalah tempat belanja kebutuhan bagi anak kos di daerah Jatinangor. Bukan… bukannya gue mau promosi, tapi emang disana murah ko (tuh kan jadi promosi). Oke jadi gue kesana bareng ka Yolla dan ka Nety buat beli kado buat senior mereka yang mau menikah, mereka mutusin buat beli barang elekronik. Jadi selama nungguin mereka gue keliling tuh toko sebentar, yaa sekitar empat harianlah gue muter-muter. Gue terpaku pada rak yang majang kolor….. gue langsung sadar kalo gue belum nyuci…… Tapi bukan itu masalahnya, di sebelah rak kolor ada rak boneka dan itu ngga menarik minat gue (walaupun boneka bekantannya oenyoe beud looh) tapi rak sebelahnya lagi yang menarik seluruh perhatian, cinta dan kasih sayang gue yaitu raaak…. Mainan (treeeteeett *backsound lagu Spongebob)
Yaaah raknya ga gitu gede sih, maenannya juga ga banyak, harganya juga buat gue ga mahal, kalo gue beli satu tuh maenan paling gue ngga makan sebulan. Dan yang gue perhatiin dari maenan itu adalah “maenannya canggih tapi… ko gue ngga tertarik beli ya?” Tanya gue pada rumput yang bergoyang diterpa angin bahorok. Teringat waktu jaman gue SD dulu….
Ya tentu gue pernah masuk SD, sebenernya mah gue pengennya langsung kuliah tapi karena nyokap gue kayanya cinta ama program WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN yaa gue masuk SDlah. Dulu tiap ikut nyokap ke toserba atau swalayan atau supermarket atau ngegahol di Grand Indonesia (anjir) gue suka mencar. Bukannya mencar kayak tim SAR yang nyari orang yang kejepit lift atau nyari satpam yang punya affair sama SPG-SPG yang seksi bohay semok bahenol, tapi buat ke tempat buku dan maenan. Ya gue suka banget baca buku, kebiasaan sejak kecil emang sulit dihilangin, ngga cuma buku, gue juga baca Koran, majalah, tulisan di sampul Chiki atau di snack Zeky yang rasa kaldu ayam atau nama orang tua temen-temen gue di rapotnya, gue juga suka baca tulisan di kertas bungkus gorengan dan nasi uduk. Lho? Ngga masalah kan? Bukannya perintah Allah yang pertama turun ke Rasul itu bukannya haji atau mandi, tapi IQRA (BACALAH) jadi atas dasar itu gue semakin rajin membaca. Gue selalu nyempetin baca buku di tempat itu, walaupun bukunya disegel semua tapi pasti gue robek plastiknya (jangan ditiru ya nak) soalnya gue penasaran, udah gitu buku2 tersebut bersampul sangat menarik, yaitu gambar Doraemon belanja BH ama Pikachu yang kuliah ama Obama di salah satu universitas. Oke back to topic, setelah puas baca, gue ke tempat maenan, dan waow terkagum-kagum sendirian, banyak maenan warna-warni dan bagus yang ngga mungkin gue miliki semuanya, gue cuma megang, ngeliatin, kagum, terus ngompol (eh ngga deng). Selalu begitu setiap nganter nyokap belanja, abis daripada ngeliatin dia milih-milih sabun yang sebenarnya ngga ada bedanya itu, mending gue kelayapan kan? Tapi kenikmatan itu mulai berkurang seiring bertambahnya umur, memang masih gue mampir ke tempat buku, tapi gue ngga pernah ke tempat maenan lagi abis mau ngapain? Nggak ada sensasi yang gue rasain semasa kecil saat memegang maenan super canggih kaya jaman sekarang. Dasar tua y ague? Beban dan tanggung jawab hidup semakin banyak dan kedewasaan berkembang perlahan-lahan, tapi tetap aja, sensasi saat memegang maenan itu sangat gue rindukan. Ternyata masa yang paling bahagia adalah masa kecil, bebas, santai dan penuh rasa ingin tau, ALANGKAH BETAPA TERAMAT SANGAT GUE MERINDUKAN MASA KECIL YANG INDAH BANGET SEKALI ITU. L TAPI JADI TUA ITU PASTI, DAN DEWASA ITU PILIHAN, gue akan menikmati sisa masa remaja gue yang luar biasa ini sepuasnya…….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musola Rumah Sakit

Tanpa mencari bagaimana cara menulis “musola” yang sesuai EYD. Pada hakikatnya manusia itu berjuang, berjuang mendapatkan nilai yang baik secara akademis, berusaha mendapat perhatian dari lawan jenis yang disukainya, berusaha menghidupi anak-anaknya, berusaha menyembunyikan kesedihannya di balik senyum atau bahkan sekadar berjuang membuang kotoran dalam perut di kamar mandi. Saat ini gue sedang berjuang, lagi, iya setelah kenikmatan yang telah habis direguk seusai menyelesaikan studi, gue berjuang mencari kerja. Cukuplah dengan ucapan basi: Jadi wirausahawan aja, bisa jadi bos. Sama kaya soal makanan favorit, kita ngga bisa memaksakan makanan yang menurut kita enak ke semua orang, everybody has their own taste . Jadi pikirin aja diri lo sendiri ya. Tapi enterpreneurship adalah bidang yang menjadi pilihan kesekian gue, tapi juga pasti akan gue jalani nanti. Gue sedang berminat mendaki tangga di korporasi yang bernama “karir”. Gue emang selektif, karena gue lebih memili

Twenty sixteen.

(7/366) Hari ketujuh di tahun baru ini belum terasa perbedaannya. Mataharinya masih sama, langitnya masih sama, nyokap dan ade-ade gue juga, alhamdulillah masih sama. Yang bedain cuma diskon di e-commerce yang gue subscribe di e-mail aja. Pasti banyak yang mikir: “Gila, cepet amat ya waktu berlalu.” Okelah kalau nggak banyak, mungkin gue doang yang mikir begitu. Mungkin inilah bukti teori relativitasnya Einstein ya, waktu itu emang relatif   dan subjektif banget (P.s. gue ngga tau ini nyambung ama teorinya atau nggak). Waktu lagi kena macet di lampu merah kita ngeliat durasi waktunya 120 detik aja rasanya lama banget (Lampu merah simpang Dago, you’re awesome ), tapi pas udah tahun baruan kita baru ngerasa kalau waktu itu berjalan dengan cepat. Karena itulah sepanjang tahun 2015 gue ngerasa ungkapan “Seize the moment” itu tepat banget, kita harus bener-bener menikmati apapun yang kita jalani, karena ya emang itu momennya. Buat gue pribadi masa depan itu cuma ada dalam piki

Gadis dengan Kawah di Pipinya

Aku awalnya tidak hirau akan kehadirannya, aku orang yang tidak percaya dengan konsep cinta pada pandangan pertama, mungkin disebabkan aku bukanlah orang yang mudah untuk mengingat wajah. Kulitnya semulus marmer yang menghiasi Taj Mahal, rambutnya hitam selegam malam, membuat mata yang memandangnya seakan beresonansi pada kedamaian. Senyumnya, ah aku tak sanggup mengutarakannya padamu kawan, kalau kamu ikut menyukainya, bisa berabe aku. Aku   kini sedang melacak file memori di perpustakaan ingatanku, berselancar di antara begitu banyak kenangan, saat aku pertama kali masuk sekolah, kala aku menjuarai piala futsal tingkat RT, ketika aku mengalahkan rivalku di lomba balap karung, tatkala aku terjatuh dari motor, saat aku dimarahi oleh dosenku, sayangnya semua memori itu tidak lagi menggugahku. Aku memilih tenggelam di dalam ruang khusus, imaji mengenai aku dan si gadis. Aku terhenyak saat ia mengajakku bicara, aku merasa seperti pesawat yang terseret dalam pesona mistik segitiga