Langsung ke konten utama

Hari Hujan Rindupun Datang

Hari ini selasa, harusnya cuma ada matkul umum aja, tapi berhubung jumat libur, matkul Schriftlicher Ausdruck maju deh. Bete abis, kudu masuk kelas yang gede dengan puluhan mahasiswa. Gue mengikuti pelajaran dengan hati setengah-setengah, udah capek banget. Senin kemaren kelas gue padet, 8SKS! (bayangin) dari pagi ampe sore, belum lagi pulangnya rapat redaksi terus urusan humas. Gue bukan mau ngeluh ya, bacalah judulnya, kaga ada hubungannya ama kuliah. Kebetulan akhir-akhir ini sering hujan, alhamdulillah. Tadi pulang kuliah gue naek angkot gratis yang disediain kampus buat turun ke gerbang, gue duduk di samping pak supir (yang mengendarai kuda supaya baik jalannya hey! tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk) kembali ke inti, yah sepanjang perjalanan angkot gue diguyur ujan deres, sumpah asik banget buat galau. Tapi gue cuma merenung, ternyata bener artikel yang gue baca tentang hujan, bahwa hujan punya kekuatam magis untuk membangkitkan kenangan seseorang, makanya Utopia bikin lagu yang judulnya Hujan, sumpah enak banget tuh lagu. Sepanjang perjalanan gue diem.... diem... terus cepirit. Engga deh maksudnya gue diem karena disekap rasa rindu, gue baru masuk semester 2 dan ingatan tentang masa SMA masih lekat di pikiran. SMA emang masa yang paling indah, gue selalu inget banyak kenangan saat hujan-hujanan sepulang sekolah sama temen-temen, sumpah kangen banget. Terus gue mikir, Gue ada dimana ya sekarang? Apa mereka juga kangen sama gue? Ah semuanya udah tenggelam dalam dunianya masing-masing, di twitter gue selalu ngeliat mereka nge-tweet tapi, gue selalu ngga punya keberanian untuk menyapa mereka. Gue selalu takut kalo mereka nolak gue, bukankah kita udah menggeluti bidang masing-masing? Buat apa gue ribet-ribet nanya-nanyain kabar mereka atau sekadar basa-basi, tapi mungkin mereka juga berpikiran sama. Padahal saat kuliah ini gue lebih sering diem di kosan, merenung, baca buku, muntah... eh ngga deng. Gue jadi kangen rumah juga, saat jauh di perantauan (padahal cuma 200 km) gue lebih sering mikirin mereka (keluarga) daripada saat gue masih tinggal di rumah. Mama lagi apa ya? Papa udah pulang belom? Ade-ade gue mah pasti lagi adu jotos, mereka cuma akur kalo salah satu punya makanan atau maenan baru. Ahh padahal baru seminggu lalu gue pulang. Gue jadi inget janji gue sendiri waktu SMP dulu, mama cerita kalo di luar negeri anak umur 17 tahun udah pada keluar rumah, belajar mandiri. Gue yang waktu itu penasaran banget sama yang namanya "kebebasan" tergiur abis sama konsep itu. Dan disinilah gue, kuliah jauh dari rumah, ngga ada yang nyambut waktu pulang, nyuci baju sendiri, selalu kepikiran jemuran, selalu bingung kalau duit menipis, panik kalo dompet gue busung lapar (penuh sama bon-bon), tapi Allah Maha Baik. Gue masih bisa bertahan sampai sekarang, usia gue 17 sekarang dan itu udah waktunya hidup mandiri, tapi kadang konsep bule-bule itu punya sisi negatif juga ko. Tahun lalu gue ketemu Bjoern, orang Jerman yang lagi kuliah di Unpad juga. Dia udah tua tau, udah 30-an tapi masih S1. Dia ambil jurusan ekonomi. Dia bilang dia sirik ama orang Indonesia, katanya orang Indonesia bisa begitu dekat ama keluarga, dalam sebulan aja bisa sering kumpul. Beda ama keluarganya di Jerman sana, ketemu hanya 6 kali setahun, itupun biasa-biasa aja ngga ada kesannya. Gue jadi mikir, iya ya. Sejak lahir orang kita tidur sama orang tua, biar emaknya gampang netein kalo nangis, kalo ngompol juga ketahuan karena tiba-tiba anget. Orang luar sejak lahir udah punya kamar sendiri, di kotak bayi yang bisa diayun-ayun (sama kaya gue doong, tapi gue buat tidur siang doang) susu aja lewat botol syediih, padahal dengan memberi ASI eksklusif akan tercipta hubungan emosional yang kuat antara Ibu dan si bayi (ini gue nyontek darimana ya?). Sehingga ampe gede mereka kurang dekat sama orang tua, tapi kita ngga boleh terlalu bergantung juga ya, malu ama umur. Lah ini gue udah terbang kemana ya? Pokoknya gue kangen rumah titik. Kangen SMA titik. Kangen masakan mama, disini mah jajan diluar mulu, sakit aja ngurus sendiri. Pas turun dari angkot gue menarik napas, "Nggak kecium" pikir gue. Petrichor, bau khas yang dikeluarkan tanah saat hujan turun, padahal di rumah gue kecium lho. Yah mungkin ada tapi penciuman gue bukan penciuman si doggy, bruno, samosir dan kawan-kawan ya (baca:Anjing) Gue jadi ngerti banget art HOME SWEET HOME, tapi gue janji, kuliah gue harus membaik, pasti lebih baik, ini pilihan gue, berani berbuat berani bertanggung jawab. Gue teringat kata-kata yang gue baca di novel Negeri 5 Menara:

"orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang

singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran
jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musola Rumah Sakit

Tanpa mencari bagaimana cara menulis “musola” yang sesuai EYD. Pada hakikatnya manusia itu berjuang, berjuang mendapatkan nilai yang baik secara akademis, berusaha mendapat perhatian dari lawan jenis yang disukainya, berusaha menghidupi anak-anaknya, berusaha menyembunyikan kesedihannya di balik senyum atau bahkan sekadar berjuang membuang kotoran dalam perut di kamar mandi. Saat ini gue sedang berjuang, lagi, iya setelah kenikmatan yang telah habis direguk seusai menyelesaikan studi, gue berjuang mencari kerja. Cukuplah dengan ucapan basi: Jadi wirausahawan aja, bisa jadi bos. Sama kaya soal makanan favorit, kita ngga bisa memaksakan makanan yang menurut kita enak ke semua orang, everybody has their own taste . Jadi pikirin aja diri lo sendiri ya. Tapi enterpreneurship adalah bidang yang menjadi pilihan kesekian gue, tapi juga pasti akan gue jalani nanti. Gue sedang berminat mendaki tangga di korporasi yang bernama “karir”. Gue emang selektif, karena gue lebih memili

Twenty sixteen.

(7/366) Hari ketujuh di tahun baru ini belum terasa perbedaannya. Mataharinya masih sama, langitnya masih sama, nyokap dan ade-ade gue juga, alhamdulillah masih sama. Yang bedain cuma diskon di e-commerce yang gue subscribe di e-mail aja. Pasti banyak yang mikir: “Gila, cepet amat ya waktu berlalu.” Okelah kalau nggak banyak, mungkin gue doang yang mikir begitu. Mungkin inilah bukti teori relativitasnya Einstein ya, waktu itu emang relatif   dan subjektif banget (P.s. gue ngga tau ini nyambung ama teorinya atau nggak). Waktu lagi kena macet di lampu merah kita ngeliat durasi waktunya 120 detik aja rasanya lama banget (Lampu merah simpang Dago, you’re awesome ), tapi pas udah tahun baruan kita baru ngerasa kalau waktu itu berjalan dengan cepat. Karena itulah sepanjang tahun 2015 gue ngerasa ungkapan “Seize the moment” itu tepat banget, kita harus bener-bener menikmati apapun yang kita jalani, karena ya emang itu momennya. Buat gue pribadi masa depan itu cuma ada dalam piki

Gadis dengan Kawah di Pipinya

Aku awalnya tidak hirau akan kehadirannya, aku orang yang tidak percaya dengan konsep cinta pada pandangan pertama, mungkin disebabkan aku bukanlah orang yang mudah untuk mengingat wajah. Kulitnya semulus marmer yang menghiasi Taj Mahal, rambutnya hitam selegam malam, membuat mata yang memandangnya seakan beresonansi pada kedamaian. Senyumnya, ah aku tak sanggup mengutarakannya padamu kawan, kalau kamu ikut menyukainya, bisa berabe aku. Aku   kini sedang melacak file memori di perpustakaan ingatanku, berselancar di antara begitu banyak kenangan, saat aku pertama kali masuk sekolah, kala aku menjuarai piala futsal tingkat RT, ketika aku mengalahkan rivalku di lomba balap karung, tatkala aku terjatuh dari motor, saat aku dimarahi oleh dosenku, sayangnya semua memori itu tidak lagi menggugahku. Aku memilih tenggelam di dalam ruang khusus, imaji mengenai aku dan si gadis. Aku terhenyak saat ia mengajakku bicara, aku merasa seperti pesawat yang terseret dalam pesona mistik segitiga